Kamis, 09 Februari 2012

Wisata Alam Curug Cina


Subang  merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat yang termasuk ke dalam tatar Sunda atau Parahyangan yang memiliki beberapa tempat wisata alam dan merupakan jalan alternatif setelah melewati  Kota Bandung. Selain objek wisata alam Tangkuban Perahu, Ciater, Batu Kapur dan sebagainya, ada salah satu tempat  yang akan menjadi objek wisata ternama di Kabupaten Subang, yang terletak di Kecamatan Sagalaherang, Desa Curugagung, yaitu Curug Cina.
Objek wisata Curug Cina terletak di salah satu desa di Kabupaten Subang, tepatnya di Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang. Jarak dari Kota Subang ke Curug Cina berjarak sekitar 7 km, dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Dinamakan Curug Cina dikarenakan pada zaman dahulu kala ada seorang pemburu yang berdarah Tionghoa yang melakukan perburuan dan meninggal di sekitar curug tersebut. Peristiwa tersebutlah yang menyebabkan tempat itu dinamai Curug Cina.



            Curug Cina menyajikan panorama yang indah dengan birunya langit, sejuknya udara, diselingi hamparan sawah yang tertata rapi, kilaunya bebatuan beserta hijaunya pepohonan yang menyelimuti suasana wisata yang berada di sekitar curug tersebut. Ditambah siraman air terjun yang deras, dingin, sejuk dan jernih, yang nantinya akan membuat wisatawan tak tahan lagi ingin segera bermandi ria di bawahnya. Disamping Curug Cina tersebut terdapat juga sumber air panas yang dapat dimanfaatkan sesuai keinginan wisatawan kelak.




            Dibalik keindahan alam yang disajikan Curug Cina tersebut ada beberapa kendala yang dihadapi ketika berkunjung ke tempat tersebut, yaitu medan yang sulit untuk ditempuh disebabkan akses jalan yang tidak mendukung, diantaranya harus melewati pesawahan dan hutan untuk sampai ke Curug Cina tersebut. Mungkin kendala di atas dapat menjadi tolak ukur bagi dinas/instansi terkait dalam usaha  pengembangan potensi wisata alam yang kurang mendapatkan perhatian.


            Dalam beberapa tahun ke depan, jika mendapatkan perhatian, Curug Cina akan menjadi salah satu objek wisata alam yang  potensial di Provinsi Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar